Sabtu, 14 Maret 2009

Hari Ginjal Sedunia 2009 Mencegah Hipertensi


Pencegahan penyakit tekanan darah tinggi (Hipertensi) sedini mungkin menjadi fokus utama peringatan Hari Ginjal Sedunia atau World Kidney Day (WKD) 2009.
"Untuk tahun ini, World Kidney Day kita menfokuskan pada pencegahan penyakit hipertensi sedini mungkin," kata Kepala Sub Bagian Ginjal Hipertensi Bagian IP Dalam RSHS Bandung, Prof Dr HM Rahman Soelaeman dr Sp PD-KGH, usai jumpa pers WKD 2009 di Bandung, Rabu.

Dalam kesempatan tersebut, ia mengingatkan bahwa jangan menyepelekan hipertensi karena dari tahun ke tahun jumlah penderita hipertensi cenderung mengalami kenaikan.

"Dari tahun ke tahun penderita hipertensi naik 2000 orang, tahun 2008 saja jumlahnya mencapai 2260 orang," katanya.

Menurutnya, penyakit hipertensi ialah jenis penyakit yang sulit untuk diketahui karena biasanya penyakit tersebut menyerang penderita tanpa disertai keluhan.

Ia menyatakan, hipertensi ialah penyebab utama dari seseorang dinyatakan menderita penyakit gagal ginjal.

Ia menjelaskan bahwa fokus lain dari kampanye Hari Ginjal Sedunia 2009 ialah menggarisbawahi pentingnya peran pemerintah dalam mengendalikan epidemi penyakit ginjal kronis.

Selain itu, dalam rangka peringatan WKD 2009 tersebut, pihaknya juga akan menyelenggarakan simposium awam untuk masyarakat umum, pada Sabtu 14 Maret 2009 di salah satu hotel berbintang yang ada di Kota Bandung.

Simposium ini tujuannya untuk meningkatkan peran serta dan kepedulian masyarakat akan pentingnya pengetahuan tekanan darah tinggi dalam rangka memelihara kesehatan ginjal mereka, katanya.

World Kidney Day (WKD) pertama kali diluncurkan tahun 2006 dan diperingati setiap Kamis kedua bulan Maret dan untuk tahun ini, peringatan WKD jatuh pada tanggal 12 Maret 2009.

Tidak ada komentar: